Teknik Dasar Membuat Desain Kartu Nama

Belajar Cara Membuat desain Kartu Nama - anda pasti sering menemukan / menerima kartu nama dari seseorang yang didalamnya terdapat beberapa informasi mengenai orang tersebut dkk. Nah anda juga bisa kok membuatnya, namun untuk postingan kali ini saya hanya ingin memberikan teknik dasarnya saja jadi bukan desainnya. dimana teknik ini merupakan teknik yang cukup penting untuk diketahui sebelum anda memulai desain kartu nama agar desain yang anda buat bisa sesuai dengan hasil dan hasilnya bagus.

Membuat desain Kartu nama


Kartu nama memiliki beberapa standar ukuran yang digunakan, namun yang pada umumnya biasanya saya menggunakan ukuran 9 x 5,5 cm.
Pertama, buatlah sebuha dokumen baru pada corel draw
kemudian setelah itu buatlah rectangle dengan ukuran 9 x 5,5 cm


setalah itu buatlah Contour dari rectangle yang kita buat tadi, caranya klik rectangle tersebut kemudian masuk ke menu Effects - Contour. kemudian aturlah jarak contour inside (kedalam) sebanyak 3 mm

Teknik Dasar Membuat Desain Kartu Nama 2

nah setelah di contour langkah selanjutnya anda bisa break apart contour tadi dengan cara tekal ctrl+K, tujuan dari memberikan contour tersebut adalah untuk memberikan kita daerah aman untuk seting desain sekaligus memberikan kita batasan agar area desain kita harus didalam kotakan contour tersebut, dengan adanya batas tersebut memungkinkan juga desain akan aman dari goresan pas waktu dipotong dengan mesin potong, karena jika desain terlalu dekat / tidak berada di posisi garis aman maka resiko content desain yang penting(tulisan dkk bisa kena potong). jadi intinya si garis yang merah diatas adalah area dimana kita harus menaruh kontent yang penting semisal teks contact dkk agar nantinya tidak kena potong pas dipotong, dan pada akhirnya setelah desain selesai anda bisa menghapus garis merah tersebut.

Oke teknik selanjutnya yang harus anda pahami adalah pemilihan font, pemilihan font sangat penting karena font merupakan penunjang. kalau dari saya sendiri si minimal font yang digunakan adalah 7-8 pt untuk font arial. karena pembaca kartu nama tersebut nantinya tidak hanya orang muda saja tapi tidak menutup kemungkinan orang tua juga ikut membacanya, jadi lebih baik ukuran font jangan terlalu kecil karena susah untuk dibaca orang yang sudah tua.

untuk pemilihan jenis font usahakan maksimal menggunakan 3 jenis variasi font, karena jika terlalu banyak font maka akan terlihat terlalu ramai dalam hal desainnya.

Untuk desainnya usahakan yang simple saja dan berilah penekanan hanya yang perlu ditekankan seperti nama instansi dan kontact / nama orang tersebut. karena kartu nama areanya cukup kecil jadi condongkan saja bagian yang penting-penting saja.


oiya untuk video tutorialnya bisa dilihat dibawah ini



demikian beberapa teknik yang bisa saya share, mungkin masih banyak teknik lainnya yang belum saya pelajari tapi semoga tulisan diatas bisa memberikan sedikit inspirasi dan pengetahuan buat anda.






0 komentar:

Post a Comment

mungkin ada pertanyaan atau request postingan bisa melalui komentar, Insya Alloh kalo saya bisa jawab pasti saya jawab dan kalau bisa membuat postingannya pasti akan saya buat. Komentar yang baik pasti akan dipublish