Teknik Dasar membuat desain Cover Buku dengan Corel Draw

Cara membuat desain Cover Buku dengan Corel Draw - pada bagian postingan ini saya ingin sedikit menyinggung tentang tata cara membuat (teknik dasar) sebelum anda membuat sebuah desain cover buku dengan menggunakan corel draw. apa yang akan saya jabarkan kali ini lebih kepada tekniknya saja dimana ini cukup diperlukan agar anda bisa membuat sebuah desain cover yang proporsional.

Teknik Cara membuat desain Cover Buku dengan Corel Draw

Desain cover sendiri itu harus menyesuaikan dengan jenis buku tersebut, apakah bukunya model finishingnya bending (blok lem) atau hanya menggunakan steples saja serta tebalnya isi buku tersebut. karena dengan mengetahui beberapa informasi diatas kita bisa menentukan bagaimana dan berapa cm untuk menambah area untuk punggung buku dan area untuk tambahan cover agar bisa sesuai dengan yang diinginkan.


Untuk Buku Dengan Finishing Binding (blok Lem)
langkah awal sebelum mendesain anda bisa membuat sebuah rectangle, misal ukuran isi buku yang anda buat adalah 210 x 297 mm. maka anda bisa membuat rectangle untuk cover depan dengan ukuran 210 x 297 kemudian contour lah sebanyak 5 - 10 mm cari amannya si 8mm agar aman dari mesin potong . oiya pada bagian ini anda juga harus tahu ketebalan buku tersebut, anda bisa kira-kira kalo isinya buku hvs anda bisa menggunakan kertas HVS sebanyak isi halaman buku dan mengukur berapa tebal punggung buku tersebut.

setelah membuat punggung, anda bisa membuat untuk cover belakangnya dengan ukuran yang sama yaitu 210 x 297 (sama buatnya seperti cover depan). langkah terakhir adalah memberikan area lagi rectangle 2mm yang mengitari apa yangk kita buat tadi. gambarnya kira-kira menjadi seperti yang dibawah ini :

Teknik Dasar membuat desain Cover Buku dengan Corel Draw




Untuk Buku Dengan Finishing Steples
langkahnya cukup / hampir sama dengan yang diatas cuman kita tidak memasukkan punggung yang perlu kita tambah adalah area covernya. jadi semisal ukuran bukunya 210 x 297, maka buatlah dua rectangle dan kemudian berilah contour (contour ini utk area aman pas mendesain). nah setelah itu anda tinggal menambahkan area tambahan yang mengitari desain tersebut agar nantinya desain tersebut aman pas dipotong, gambarnya seperti dibawah ini :



video tutorialnya dibawah ini :


Bingung ya bacanya, sbenernya saya juga bingung untuk menulisnya dan menjelaskannya tapi intinya si gitu ntar juga anda pasti tahu sendiri pas lagi praktek atau lagi latiaan, bagunya si anda bisa megang di percetakan jadinya nanti anda akan tahu. semoga bisa memberikan referensi walaupun bahasanya belepotan dan tidak teratur

2 comments:

  1. Replies
    1. heehe iya mba makasih masukannya, semoga kedepannya tulisanku bisa lebih mudah dimengerti lagi. sering-sering pakai corel draw, walaupun otodidak ntar juga bisa handal dengan sendirinya asal diimbangi dengan mau belajar dan pusing2 hehe

      Delete

mungkin ada pertanyaan atau request postingan bisa melalui komentar, Insya Alloh kalo saya bisa jawab pasti saya jawab dan kalau bisa membuat postingannya pasti akan saya buat. Komentar yang baik pasti akan dipublish