Cara membagi file menjadi beberapa bagian


Kadang kita pasti mempunyai sebuah file atau sebuah folder dengan kapasitas yang cukup besar, entah itu file installer atau sebuah file video atau yang lainnya. File dengan kapasitas sangat besar tentu akan membuat harddisk kita cepat penuh apalagi jika harddisk kita mempunyai kapasitas yang sangat minim tentu ini akan merepotkan, padahal anda tidak mau menghapus file tersebut. Salah satu solusinya adalah backup file tersebut dengan “burn to CD atau DVD” , namun apabila anda tidak mempunyai DVD drive dan hanya mempunyai CD-RW drive tentu juga tidak cocok apalagi file anda berukuran lebih dari 700mb, Salah satu solusi terbaik adalah anda harus membagi file tersebut menjadi beberapa bagian.

Selain itu, membagi file anda menjadi beberapa bagian adalah sebuah solusi tepat apabila anda ingin mengupload sebuah file ke internet, namun file tersebut mempunyai kapasitas yang besar. Meng-upload satu file dengan kapasitas besar tentu ini membuat tidak efektif dan sangat berat untuk di download, apalagi jika kecepatan internet anda sangat lambat, ini tentu akan memerlukan waktu yang lama untuk meng-upload atau mendownload file tersebut.

Salah satu software yang bisa membagi file menjadi beberapa bagian adalah Winrar. Nantinya file tersebut akan dibagi menjadi beberapa part, sesuai keinginan anda pada waktu mengaturnya nanti.

Pertama pilihlah file yang anda ingin bagi menjadi beberapa bagian (pastikan komputer anda sudah terinstall winrar) :

Kemudian klik kanan pada file atau folder yang ingin anda bagi – lalu pilih add to archive.

Cara membagi file menjadi beberapa bagian

Pilih atau isilah berapa kapasitas untuk masing-masing part file tersebut (dalam contoh, saya ingin membagi file tersebut masing masing menjadi 50mb – maka saya menuliskan 50m)

Lalu klik ok.

Tunggu sampai proses selesai...

Berikut Video Tutorialnya :



Jika anda masih mengalami kebingungan, cobalah untuk langsung praktek.. mencoba dan terus mencoba.
Semoga bermanfat untuk anda semua.